Home | Looking for something? Sign In | New here? Sign Up | Log out

Pasar Kuliner Unik di Kendal, Pasar Karetan namanya.

Hallo sobat bu-share, sudah sangat lama lama lama lama sekali yah Erwin tidak membagikan cerita piknikan Erwin selama ini, aku minta maaf ke kalian semua.
    Oke kali ini mending Erwin langsung aja berbagi cerita ke kalian, kemarin tepatnya 18 Maret 2018, aku pergi liburan nih dalam rangka undangan dari Generasi Pesona Indonesia Jawa Tengah (GenPI Jateng), jadi undangannya itu berlokasi di Pasar Karetan, Bojo, Kabupaten Kendal. Sebenernya udah lama pingin berkunjung ke Pasar Karetan yang dibuat untuk destinasi digital oleh GenPI Jateng ini, tapi akhirnya kemarin ke sana juga deh karena kebetulan juga ada undangan dari GenPI Jateng untuk memperingati 365 hari terbentuknya GenPI Jateng ini.
   Langsung aja nih dari awal perjalanan, pertama aku dari Jogja,  kebetulan kuliah di Jogja, aku berangkat tidak sendiri, karena jika sendiri rasanya seperti jomblo haha,  aku berangkat bareng Mas  Yazid Afifudin Abror (Mas Yazid), kami dari Jogja ngga langsung ke Pasar Karetan nih tapi ke Semarang dulu buat istirahat, kebetulan kami istirahat di kos temenku bernama Krisna Nur Sodiq Riyadi yang bisa dipanggil Krisjon haha. Singkat cerita aku dan mas Yazid berangkat minggu pagi-pagi banget jam 06:15, sepanjang perjalanan kami mencari lokasinya menggunakan google maps (wajar tidak tau jalan) sampai di Kawasan Pasar Karetan itu jam 07:15, awalnya aku sempat berfikiran negatif terhadap warga setempat karena saat mengikuti arah google maps itu arahnya ke kiri, tetapi warga setempat bilang ke kanan buat parkir kan kesannya ingin biar kita parkir di lahannya, eh ternyata aku salah, ternyata setelah parkir kita disuruh naik andong / kereta-keretaan dan itu GRATISS, disitu aku merasa kesan pertama yang sangat bagus.

Perjalanan menggunakan odong-odong ini cuma sekitar 5 menit saja, karena emang dekat sih.
setelah sampai langsung nih terasa banget kesan tradisionalnya di pintu masuk pasar Karetan ini, dan kita langsung disambut oleh kakak-kakak yang cantik yang kebetulan Aku kenal nih,
setelah itu kita harus menukarkan uang kita nih sebelum masuk, karena kalo kamu beli makanan disana pake uang biasa itu tidak bisa sobat, karena jual-beli di pasar Karetan itu pake 'Girik', kaya gini nih bentuknya,

uang ini harus habis di jajankan ya sobat, karena di luar pasar Karetan uang ini tidak berlaku alias zonk,
setelah dapet girik, langsung nih masuk, behhh hati langsung adem, pikiran langsung fresh dan perut langsung laper, makanan dimana-mana sobat, liat video ini dulu ya :

udah kebayang kan bingungnya buat milih makanan apa?,

akhirnya aku memutuskan untuk beli nasi kuning Yang Ti (eyang uti) dalam bahasa Indonesia berarti Nenek, di Yang Ti terdapat menu Nasi Kuning dan Nasi sambal nih, harganya ada di papan ya, hehe.

udah makan nih, tapi kok rasanya masih dingin yah, oke, akhirnya jalan jalan dan aku menemukan minuman yang pas, liat video ini dulu ya , namanya Wedang Rempah.

berhubung Wedhang Rempah nya masih panas, mending jalan-jalan dulu sambil nyruput yakan,
kebetulan saat jam 08:30 ada olahraga yoga nih, mending nonton orang yoga dulu deh ya

Pasar Karetan ini juga ada hammock spot, farming zone, permainan tradisional, dan tempat memanah,

setelah keliling semua tempat dan wedhang rempah sudah habis akhirnya kami lapar kembali dan memutuskan untuk membeli Bakso dengan piring bathok, cek videonya :

waktu itu jam sudah menunjukan pukul 11:00 WIB, wah sudah mulai terasa panas ternyata, mungkin karena setelah makan bakso, so akhirnya kami mencari yang jual minuman tradisional nih, dan akhirnya kami menemukan es Cendol dengan harga 7,5 girik per gelas. Akhirnya perut sudah full, tapi kami masih punya 15 girik, tidak pikir panjang kami membeli kerajinan tangan yang di jual di pasar tersebut, kerajinannya lucu dan murah loh sobat,

Waktu menunjukan pukul 11:45, karena pasar Karetan berakhir jam 12:00 WIB, maka kami memutuskan untuk pulang dengan keadaan perut kenyang, pikiran fresh, dan membawa sebuah mainan lucu. Saat pulang odong-odong sudah ready mengantarkan kami kembali ke parkiran.

oke sobat Bu-share segitu saja Erwin membagikan pengalaman ke sobat semua, tunggu saja cerita aku selanjutnya, mudah-mudahan ngga males buat nulis dan bisa share sedikit cerita saat aku travelling, bye.